Laman

Kamis, 04 Oktober 2012

Social Media di Indonesia


"internet sebagian besar digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk Game Online, chatting, dan juga jaringan sosial dunia maya".

"Sejak tahun 2000 sampai sekarang ini perkembangan internet di Indonesia mencapai lebih dari 400 persen. Namun, sayangnya penggunanya lebih banyak yang belum serius,"

"Tuntutannya juga banyak, terutama masalah layanan data yang lambat. Padahal hanya digunakan untuk main-main, padahal sebenarnya bisa digunakan untuk riset dan kegiatan ekonomi,"- Tifatul SembiringSumber



Kalimat diatas adalah cerminan pengguna social media di Indonesia, yaitu pengguna Internet yang belum memanfaatkan Social media secara maksimal. Sebagian besar beranggapan bahwa social media hanya berguna untuk game online, chatting dsb. mereka tidak berpikir bahwa masih banyak hal positif yang dapat dilakukan dibanding dengan sekedar membuang-buang waktu didepan laptop dengan tidak menghasilkan apapun. 


Malah kadang dengan kurangnya awareeness terhadap social media, dapat berakibat buruk pada dunia "real" kita. Saat ini dunia maya dan dunia nyata saling terkoneksi satu sama lain, apapun yang tertulis di social media merupakan cerminan dari si penggunanya, dan dapat menjadi informasi bagi teman si pengguna akun tersebut.




Jika dulu ada "think before you text", maka saat ini ada ungkapan "think before you click". semua hal yang terjadi dalam internet, bermula dari sebuah klik. contohnya, apabila ada seseorang yang benar-benar belum dikenal sama sekali meng-add akun facebook kalian apa yang akan kalian lakukan? apakah langsung meng-Approvenya? Untuk pengguna social media kelas C kebawah mungkin, "IYA", dengan alasan untuk menambah teman dsb. tapi bagaimana orang tersebut memiliki niat jahat terhadap kita? yang secara langsung akan berpengaruh pada kehidupan nyata.

Oleh sebab itu di perlukan adanya awareness pada setiap orang akan penggunaan social media. social media mungkin erat kaitannya dengan dunia maya, namun jangan lupakan bahwa dunia maya tersebut adalah bagian dari diri kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar